Saturday 16 August 2014

17 Agustus, itulah Hari Ibuku

Keramaian hari ini udah bikin pikiran gue ga karuan entah kenapa. Yang pasti hari ini masyarakat seluruh Indonesia sedang memperingati hari kemerdekaan Indonesia. Namun selain itu gue bakalan memperingati hari lahirnya nyokap gue. Iya tepat pada tanggal 17 Agustus beliau dilahirkan, tentunya hari ini adalah hari ulang tahun beliau.

Kemarin kakak bbm supaya gue ngambil kue ulang tahun buat nyokap. Iya kakak nyuruh gue soalnya dia ga bisa ikut buat ngerayain hari ulang tahun nyokap. Kakak gue kerja di Kalimantan jadi dia ga bisa kalau harus mendadak ke jawa.

Dikarenakan ini adalah hari ulang tahun nyokap. Gue mau sedikit cerita mengenai perjuangan beliau untuk anak anaknya. Ya bagi gue beliau adalah pahlawan yang telah berhasil mendidik dan memperjuangkan anak anaknya. Sangat berat bagi gue buat cerita, soalnya ini merupakan pengalaman yang sangat tidak biasa bagi gue.

ALISAH adalah nama beliau, namun lebih dikenal dengan panggilan Bu Alis. Sekarang beliau adalah seorang ibu rumah tangga yang disegani oleh anak anaknya. Namun dulu beliau bukanlah ibu rumah tangga seperti sekarang ini. Dulu nyokap gue adalah single parents yang berusaha menghidupi anak anaknya dengan cara menghasilkan uang dari jasa memotong rambut keliling. 

Sempet ada yang nanya ke gue " lo ga malu dengan profesi nyokap lo itu ? "

Whats wrong ? Kenapa gue harus malu ? Itu pekerjaan yang halal. Justru dari hasil itu lah gue beserta kakak kakak gue bisa hidup sampai sekarang ini.  Kalo gue malu sama profesi beliau dulu, kebayang gak ? Betapa sedihnya hati beliau kalau tau anaknya malu mengakui ibunya sendiri.

Pekerjaan beliau sangatlah mulia dibandingkan para pejabat yang sedikit sedikit makan uang rakyat. Orang orang yang seperti itu yang seharusnya malu untuk diakui. Menafkahi keluarga dengan hasil korupsi ga ada berkahnya. 

Sejak gue TK yang ngurusin gue keseringan sodara sodara gue. Begitupun dengan kakak kakak gue. Mereka mengurusi sekolah dengan sendirinya. Seiring berjalannya waktu gue bertumbuh besar. Ketika gue SD pun kadang gue selalu sakit hati ketika melihat orang lain ditemani kedua orang tua saat mengambil raport. Sedangkan gue harus seorang diri dan walaupun ada wakil, itu cuma anak dari bibi gue. Kemana orang tua gue ?? Saat itu nyokap gue kerja di salon. Gue masih inget nama salon dimana nyokap gue kerja dulu, namanya salon lesmana. Gue ga pernah lupa dimana ketika sodara sodara gue sibuk sekolah, gue selalu dilempar lempar dan kadang ujungnya gue harus ikut ke tempat kerja nyokap gue.

Menginjak gue ke kelas 5 SD nyokap gue keluar kerja. Dari situ beliau mulai menjual jasa potong rambut dengan keliling dari desa ke desa. Itu semua nyokap gue lakuin buat biayain gue beserta kakak kakak gue sekolah. Mungkin nyokap gue sadar kalau ternyata gaji hasilnya bekerja tidak cukup untuk membiayai gue beserta kakak kakak gue sekolah. Akhirnya dengan bermodalkan pengalaman, beliau memberanikan diri dengan menjual jasa potong rambut. Pernah gue ikut nyokap gue keliling pedesaan buat menjual jasa potong rambut. Sumpah bukan main, cape nya luar biasa. Kadang beliau harus kehujanan disaat gak ada tempat berteduh. Begitu juga harus berpanas panasan setiap harinya.

Singkat cerita, Tanpa disangka sangka nyokap gue bisa biayain anak anaknya sekolah. Padahal gue waktu itu masuk ke salah satu SMP dan SMA favorit yang biayanya terhitung sangat mahal. Begitu pula dengan kakak gue. Gue sempet mikir kayanya gue cuma bisa masuk ke sekolah yang biayanya tidak begitu membebankan nyokap gue. Tapi nyokap gue selalu bersikeras menyuruh gue untuk masuk ke sekolah favorit itu tanpa berfikir biaya.

Perjuangan nyokap buat anak anaknya memang tak terhingga. Dan yang gue ceritain ini cuma sebagian kecil yang selalu gue inget. Begitu juga ditahun kemarin, disaat gue diberi musibah dan gue harus menjalani operasi gara gara gue mempunyai penyakit tumor pembuluh darah. Iya tuhan memberi gue kenang kenangan di rahang atas gue supaya gue selalu mengingat apa aja yang sudah nyokap gue habisin di waktu itu.



Selama di Rumah sakit nyokap gue yang selalu nemenin gue seharian. Beliaulah lah yang memberi semengat gue sebelum operasi. Kehadiran beliaulah yang merupakan selimut yang memberikan kenyamanan bagi gue. Tak ada hentinya beliau berdoa, dikala gue sadar yang gue lihat adalah sesosok bidadari yang dulu tak ada. Ya saat itu seperti rasa kasih sayang orang tua yang sangat gue inginkan ketika gue kecil. Mungkin itu rencana Tuhan buat gue, supaya pada saat itu akan menjadi kenangan yang sulit dilupakan.

Apakah  kalian tau berapa biaya yang harus dibayar ke Rumah Sakit ?? Kurang lebih 30 juta. Bagi keluarga gue uang segitu bukanlah uang sedikit. Akhirnya nyokap gue harus ngeluarin semua tabungannya serta harus pinjem sana sini untuk bayar semuanya. Sebelumnya gue ga tau akan semua ini. Gue masih dalam keadaan penyembuhan di rumah sakit waktu malam takbiran. Gue pulang dari rumah sakit itu tepat di Hari Raya Idul Fitri.

Setibanya dirumah, banyak tetangga yang datang ke rumah gue untuk menengok sekalian bersilaturahmi. Dengan rahang yang belum pulih pasca operasi gue ga bisa berkata apa apa. Gue cuma bisa meneteskan air mata waktu itu. Hati gue remuk, anak mana yang ga remuk hatinya ketinya melihat orang tuanya memakai pakaian kusam di saat hari lebaran. Disaat tetangga memamerkan pakaian baru serta perhiasan yang dipakenya. Orang tua gue cuma bisa nemenin gue seharian di rumah dengan baju lama dan tanpa perhiasan sedikitpun. Gue bener bener nyesek liat pengorbanan beliau :(((((

Gue ga tau harus bagaimana untuk bayar semuanya. Nyawa pun tak cukup untuk mebayar itu semua. Beliau adalah orang yang memperjuangkan hidup orang yang nyaris seperti sampah ini. Iya itu artinya beliau sangat menaruh harapan kepada gue supaya gue bisa menjadi manusia yang berhasil seperti yang beliau inginkan.

Dulu beliau sering cerita akan keinginannya buat naik haji. Gue tau Tuhan Maha Adil, yang akhirnya pada Tahun 2009 beliau bisa naik haji. Beliau pernah cerita akan keinginannya mempunyai mobil, yap Tuhan Maha Memberi yang akhirnya kakak gue yang pertama membeli sebuah mobil dan sepertinya bakalan nambah. Beliau pernah berkeinginan buat punya salon, yap sekarang beliau punya salon dan butik kecil. Begitupun keinginan keinginan lain yang dulu kalo dipikir pikir merupakan hal yang sangat mustahil tapi sesungguhnya keinginan beliau sudah terkabul. Beliau sudah berhasil mendidik dan membesarkan anak anaknya seorang diri. Gue ga bermaksud riya soal ini, tapi itulah hasil perjuangan beliau akan kerja kerasnya serta keyakinan dan kepercayaannya yang kuat.

Sampai saat ini gue belum bisa ngelakuin apa apa buat beliau. Gue harap di umur nyokap gue yang sekarang ini Tuhan selalu memberi rejeki serta perlindungannya. Dan juga gue akan selalu memohon sama Tuhan supaya beliau dikasih umur panjang. Supaya gue bisa mewujudkan mimpi mimpi beliau yang belum tercapai. Aamiin

Happy Birthday Mom. I am So Lucky that you are my Mom.

Mungkin itu sekilas yang bisa gue ceritain tentang nyokap gue. Gue ga tahan kalo harus nyeritain semuanya. Yang pasti gue mau ngingetin buat kalian. Jangan sia siakan hidup ini, orang tua kalian merawat kalian hingga dewasa ini, sangatlah penuh dengan harapan bahwa anak anaknya akan menjadi seorang yang dimimpikannya sejak kecil. Pergunakanlah hidup ini dengan baik. Sayangi orang tua kalian . Dalam posisi apapun, orang tua kalian pasti selalu ada di pihak kalian.


0 comments: