Wednesday 17 June 2015

Hari Pasar Dan Modal Indonesia


Dengan adanya hari pasar dan modal indonesia, pasar akan mencatat pencapaian dan perkembangan yang luar biasa di tahun sebelumnya. Adapun informasi mengenai pertumbuhan indeks yang cukup signifikan juga menunjukan kokohnya fundamental dan semakin menariknya pasar Indonesia.
Secara umum terdapat banyak fungsi dari pasar Indonesia. Seperti sarana penambah modal bagi usaha. Dengan begitu perusahaan dapat memperoleh dana dengan cara menjual saham ke pasar modal. Yang kemudian saham saham ini akan dibeli oleh masayarakat umum, perusahaan perusahaan lain , lembaga
, atau oleh pemerintah. Selain itu, bisa sebagai sarana pemerataan pendapatan. Seperti saham pada jangka waktu tertentu, yang kemudian dibeli akan memberikan deviden ( bagian dari keuntungan perusahaan ) kepada para pembelinya ( pemiliknya ). Yang artinya penjualan saham melalui pasar modal dapat dianggap sebagai sarana pemerataan pendapatan. Selain sebagai sarana penigkatan produksi , yang membuat produktifitas perusahaan akan meningkat dikarenakan adanya modal tambah yang diperoleh dari pasar modal. Secara umum pasarmodal juga memberikan peranan sebagai penciptaan tenaga kerja. Karena keberadaan pasar modal dapat mendorong muncul dan berkembangnya industri lain yang berdampak pada terciptanya lapangan kerja baru. Sebagai sarana peningkatan pendapatan negara dan sebagai indikator perekonomian negara.
Melalui hari pasar dan modal indonesia , kita harus sadar akan resiko dan manfaat akan pasar modal itu sendiri. Seperti halnya keuntungan pasar modal itu sendiri dapat menyediakan sumber pembiayaan jangka panjang untuk dunia usaha. Sarana untuk mengalokasikan sumber dana secara optimal bagi investor. Dan memungkinkan adanya upaya diversifikasi .
Begitu juga kita harus sadar akan manfaat manfaatnya itu. Adapun manfaat bagi investor , dimana investor memperoleh deviden dari pemegang saham , memperoleh capital gain jika ada kenaikan harga saham , memperoleh bunga bagi pemegang obligasi , mempunyai hak suara dalam RUPS , dan dapat dengan mudah mengganti instrumen investasi. Selain itu manfaat bagi emiten dimana emiten mendapatkan dana yang lebih besar , perusahaan dapat lebih fleksibel dalam mengolah dana , memperkecil ketergantungan terhadap bank , besar kecilnya deviden tergantung dari besar kecilnya keuntungan , dan tidak ada kewajiban yang terikat sebagai jaminan.
Terutama kita harus tahu manfaatnya untuk pemerintah . Yaitu membantu pemerintah dalam mendorong perkembangan pembangunan. Membantu pemerintah dalam mendorong kegiatan investasi . Membantu pemerintah dalam menciptakan kesempatan kerja.
Namun dengan adanya hari pasar dan modal Indonesia ini kita pun harus lebih paham mengenai resiko resiko yang ada. Seperti halnya resiko daya beli. Sifat investor dalam menangani factor resiko dipasar modal ini terdiri atas dua, yaitu investor yang tidak menyukai resiko dan investor yang menantang resiko. Artinya bagi investor kategori pertama ini akan mencari atau memilih jenis investasi yang akan memberikan keuntungan yang jumlahnya sekurang kurangnya sama dengan investasi yang dilakukan sebelumnya. Kemudian Risiko bisnis, yang memungkinkan menurunnya kemampuan perusahaan memperoleh laba, yang menyebabkan menurunnya kemampuan emiten membayar bunga atau deviden. Lalu ada resiko tingkat bunga, Naiknya tingkat bunga biasanya menekan harga jenis surat-surat berharga yang berpendapatan tetap termasuk harga-harga saham. Biasanya, kenaikan tingkat bunga berjalan tidak searah dengan harga-harga instrument pasar modal. Ada resiko pasar, apabila pasar bergairah umumnya hampir semua harga saham dibursa efek mengalami kenaikan. Sebaliknya apabila pasar lesu, saham-saham akan ikut pula mengalami penurunan. Perubahan psikologi pasar dapat menyebabkan harga surat-surat berharga anjlok terlepas dari adanya perubahan fundamental atas kemampuan perolehan laba perusahaan. . Dan resiko likuiditas, resiko ini berkaitan dengan kemampuan surat berharga untuk dapat segera diperjualbelikan dengan tanpa mengalami kerugian yang berarti.
Pastinya dengan begitu banyak yang kita ketahui mengenai pasar dan modal Indonesia , dan penting sekali bagi kita untuk mengetahui kelemahan pasar modal itu sendiri. Selain kerugian, Pasar Modal juga memiliki kelemahan antara lain :
·         Mekanisme pasar modal yang cukup rumit menyulitkan pihak-pihak tertentu yang akan terlibat  di dalamnya.
·         Saham pasar modal bersifat spekulatif sehingga dapat merugikan pihak tertentu.

·         Jika kurs tidak stabil, maka harga saham ikut terpengaruh.

0 comments: