Saturday 4 October 2014

Hubungan Ilmu Sosial Dasar Dengan Sistem Informasi

Ilmu Sosial Dasar
mohamadaliak.tumblr.com

Ilmu Sosial Dasar adalah pengetahuan yang menelaah masalah masalah sosial, khususnya yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia dengan menggunakan pengertian pengertian ( fakta, konsep, teori ) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu ilmu sosial seperti : sejarah, ekonomi, geografi sosial, sosiologi, antropologi dan psykologi sosial.

Ilmu Sosial Dasar tidak merupakan gabungan dari ilmu ilmu sosial yang dipadukan, karena masing masing sebagai disiplin ilmu memiliki obyek dan metode ilmiah sendiri sendiri yang tidak mungkin dipadukan.

Ilmu Sosial Dasar bukan merupakan disiplin ilmu tersendiri, karena Ilmu Sosial Dasar tidak mempunyai obyek dan metode ilmiahnya tersendiri dan juga ia tidak mengembangkan suatu penelitian sebagai mana suatu disiplin ilmu, sseperti ilmu ilmu sosial diatas.

Tujuan Ilmu Sosial Dasar
  1. Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah–masalah sosial yang ada dalam masyarakat.
  2. Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya.
  3. Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya mempelajarinya secara kritis dan interdisipliner.
  4. Memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul  dalam masyarakat.

Perlu diketahui juga bahwa ruang lingkup Ilmu Sosial Dasar terdiri dari masalah–masalah sosial, dengan demikian ruang lingkup Ilmu Sosial Dasar dapat dibedakan atas 3 golongan :
  1. Kenyataan–kenyataan sosial yang ada dalam masyarakat, yang secara bersama–sama merupakan masalah sosial tertentu.
  2. Konsep/pengertian tentang kenyataan sosial dibatasi pada konsep dasar yang diperlukan untuk mempelajari masalah–masalah sosial yang dipahami masalah IPS.
  3. Masalah–masalah sosial yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan–kenyataan sosial yang antara satu dengan lainnya saling berkaitan.

Sistem Informasi


image by accountbook.rhcloud.com

Sistem Informasi (SI) adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi. Dalam pengertian ini, istilah ini digunakan untuk merujuk tidak hanya pada penggunaan organisasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK), tetapi juga untuk cara di mana orang berinteraksi dengan teknologi ini dalam mendukung proses bisnis.

Pengertian sistem informasi menurut John F. Nash
Sistem Informasi adalah kombinasi dari manusia, fasilitas atau alat teknologi, media, prosedur dan pengendalian yang bermaksud menata jaringan komunikasi yang penting, proses atas transaksi-transaksi tertentu dan rutin, membantu manajemen dan pemakai intern dan ekstern dan menyediakan dasar pengambilan keputusan yang tepat.

Pengertian sistem informasi menurut Henry Lucas
"Sistem Informasi adalah suatu kegiatan dari prosedurprosedur yang diorganisasikan, bilamana dieksekusi akan menyediakan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan dan pengendalian di dalam."

Karakter Sistem informasi
  1. Sistem informsi memiliki komponen yang berupa subsistem yang merupakan elemen-elemen yang lebih kecil yang membentuk sistem informasi tersebut misalnya bagian input, proses, output. Contoh input adalah salesman memasukan data penjualan bulan ini, maka disana terdapat manusia yang melakukan pekerjaan input dengan menggunakan hardware keyboard dan menggunakan interface sebuah aplikasi laporan penjualan yang sudah di sediakan oleh sistem informasi tersebut.
  2. Ruang lingkup sistem informasi yaitu ruang lingkup yang ditentukan dari awal pembuatan yang meupakan gari bats lingkup kerja sistem tersebut sehingga sistem informasi tersebut tidak bersinggungan dengan sistem informasi lainnya.
  3. Tujuan sistem informasi adalah hal pokok yang harus ditentukan dan dicapai dengan menggunakan sistem informasi tersebut, sebuah informasi dianggap berhasil apabila dapat mencapai tujuan tersebut.
  4. Lingungan sistem informasi yaitu sesuatu yang berada diluar ruang lingkup sistemm informasi yang dapat mempengaruhi sistem informasi, hal ini urut dipertimbangkan pada saat perencanaann sistem informasi


Hubungan Ilmu Sosial Dasar dengan Sistem Informasi

Kemajuan teknologi yang melatar belakangi hubungan antara ilmu sosial dasar dan sistem informasi. Oleh karena itu masyarakat dituntut untuk menguasai berbagai teknologi informasi yang terus berkembang pada saat ini.  Terdapat etika etika juga yang perlu dipatuhi dalam suatu teknologi informasi maupun sistem informasi itu sendiri. Kita sadari juga ternyata etika etika tersebut sangat erat hubungannya dengan ilmu sosial dasar. 

Dengan mempelajari Ilmu Sosial Dasar, kita juga dapat menelaah masalah masalah yang kerap terjadi di masyarakat. Khususnya kita dapat memperoleh gagasan dalam pembuatan karya di bidang sistem informasi yang berhubungan dengan Ilmu Sosial Dasar. Sebagai contoh di era yang serba modern ini sosial media seperti facebook, tweeter, Instagram dan media sosial lainnya sudah marak digunakan. Semua itu merupakan contoh gagasan yang didapat dari pemikiran tentang permasalahan sosial. Dengan adanya media sosial tersebut masyarakat menjadi mudah dalam bersosialisasi dan berkomukasi walaupun berjauhan.

Ya dari contoh tersebut kita bisa mengetahui bahwa sistem informasi sangat erat hubungannya dengan ilmu sosial dasar.

Refrensi :

0 comments: